border border border
border
Jum'at 25 April 2014 12:21:00.Wib
 
54.204.103.179 | ec2-54-204-103-179.compute-1.amazonaws.com  
Pemkab Manggarai
border border
     

Form Login
Nama anggota

Kata sandi

Login Otomatis
Lupa kata sandi anda?
Belum terdaftar menjadi anggota? Silakan mendaftar di sini.

Rupa-Rupa


Untitled Document




border
Kantor PPTSP Manggarai Resmi Dibentuk   PDF  Cetak  E-mail
06/07/2010
Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kabupaten Manggarai resmi menjadi SKPD di lingkup Pemkab Manggarai. Kehadiran kantor ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

 

Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kabupaten Manggarai resmi dibentuk dan menjadi salah satu SKPD di Kabupaten Manggarai. Peluncuran Kantor PPTSP dilaksanakan hari Sabtu, 3 Juli 2010 di pelataran  kantor Bupati Manggarai. Hal itu disampaikan Bupati Manggarai Drs. Christian Rotok kepada para wartawan dalam jumpa pers di Kantor Bupati Manggarai belum lama ini. Saat itu Bupati Rotok didampingi Wakil Bupati, DR. Deno Kamelus, SH.MH. Hadir juga Kepala Lembaga Penelitian (LEMLIT) Undana Kupang, Prof. DR. Fred Benu dan Manager Program Ausaid DR. David Bandi. LEMLIT Undana dan Ausaid merupakan mitra pemerintah kabupaten Manggarai untuk pembentukan PPTSP ini.

 

Bupati Rotok mengatakan, kehadiran PPTSP merupakan jawaban pemerintah atas salah satu tuntutan reformasi dalam kaitan dengan pelayanan prima terutama terkait pelayanan perijinan kepada masyarakat. Dari pengamatan berbagai pihak selama ini pemerintah terkesan lamban dalam memberikan pelayanan prijinan kepada masyarakat.

 

Menurut Bupati Rotok, penyebabnya karena terlalu banyaknya instansi yang mengeluarkan ijin. Kecuali itu letak kantor-kantor yang berwewenang mengeluarkan ijin tersebut juga cukup sulit dijangkau oleh masyarakat. Akibatnya masyarakat harus mengeluarkan biaya tinggi untuk mendapatkan pelayanan perizinan.  “Kesan masyarakat selama ini proses sejumlah jenis perijinan memakan waktu yang lama serta menimbulkan hight cost bagi masyarakat. Ini karena terlalu banyak instansi yang mengurus perijinan,” jelas Bupati Rotok.

 

Bupati Rotok menjelaskan, kehadiran kantor PPTSP ini bukan untuk menghilangkan semua regulasi terkait perijinan yang sudah ada selama ini. PPTSP didirikan dengan tujuan utama untuk mendekatkan pelayanan perijinan kepada masyarakat.  “ Intinya kehadiran kantor ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu SKPD-SKPD yang berwewenang mengurus perijinan selama ini harus rela menyerahkan wewenang itu kepada PPTSP,” tegasnya.

 

Bupati Rotok yakin kehadiran PPTSP ini akan memudahkan pelayanan serta efisiensi waktu dan biaya bagi masyarakat . Selain itu pelayanan juga akan lebih mudah dikontrol sehingga dapat menjegah terjadinya Korupsi Kolusi dan Nepotisme atau KKN bagi pemerintah sebagi penyelenggara. 

 

Menurut Bupati Rotok, kantor baru ini resmi menjadi salah satu SKPD di lingkup Pemkab Manggarai yang akan melayani 22 jenis perizinan. Dari 22 jenis perijinan tersebut proses ijin yang paling cepat adalah ijin penelitian yakni selama dua hari. Sementara yang paling lama adalah 14 hari untuk Izin Prinsip Lokal (IPL) dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

 

Sementara itu Kepala LEMLIT Undana, Prof. DR. Fred Benu mengatakan, pembentukan PPTSP di Manggarai merupakan inisiatif positif dari Pemkab Manggarai. Pihaknya menyambut baik inisiatif Pemkab Manggarai tersebut dengan menjadi mitra lokal dan berkolaborasi untuk pembentukan PPTSP di Kabupaten Manggarai.

 

Menurut dia, pembentukan PPTSP melewati banyak tahapan. Namun Kabupaten Manggarai tergolong yang paling cepat pembentukannya dari seluruh Kabupaten/Kota di NTT. Ke depan pihaknya akan siap membantu Pemkab Manggarai untuk kesempurnaan pelayanan kantor PPTSP di Kabupaten Manggarai. “ Secara formal kerja sama kami dengan Pemkab Manggarai telah berakhir, namun konsultasi dan komunikasi tetap dilakukan demi terciptanya pelayanan yang maksimal di kantor PPTSP ini,” kata Benu. ***(Tadeus Tanggang)

 

go to top Kembali ke atas go to top

border
Agenda Kegiatan
April 2014
SSRKJSM
31
1
2
3
4

Browser Prefs
Tambahkan ke Favorites
Jadikan Home Page

 
border
border border border
Untitled Document
Pemerintah Kabupaten Manggarai © 2006